Galery

Sabtu, 26 Desember 2009

RELOKASI TUNGKU PEMBAKARAN SAMPAH PASAR



2. TUNGKU UNTUK LOKASI PASAR
Untuk bisa menampung sampah pasar, yang tentu jumlah sampahnya lebih banyak maka diperlukan Tungku Pembakar Sampah khusus yang memiliki karakter dan daya tampung yang lebih besar dengan ukuran sekitar Panjang = 220 cm . Lebar = 220 cm dan Tinggi = 600 cm.

Jenis Tungku untuk ditempatkan di pasar ini harus dibuat dari batu-bata merah dengan system 2 lapis,dengan tiang ke empat sudut dan penyangga beton. Sehingga kondisi Tungku akan tetap mampu menahan panas api pembakaran yang lebih besar.

Tungku sebesar ini memiliki daya tampung sampah sekitar 4 m3. Diperkirakan waktu yang diperlukan untuk satu kali proses pembakaran sekitar 15 – 25 menit.
Apabila sebuah pasar menghasilkan sampah sebanyak 12 – 20 m3 / harinya, maka jelas akan mampu dibakar dan habis dalam hari itu juga.

Untuk Tungku yang berlokasi dipasar ini, lebih baiknya dibangun sebuah system yang terpadu. Artinya ada lokasi khusus yang harus disiapkan (sekurangnya 10 meter x 5 meter ) untuk area pengolahan sampah yang meliputi ;
a. Area pemilahan sampah Organik dan Non Organik
b. Area pengolahan sampah Organik , mulai dari pencacahan hingga proses pengomposan hingga tercipta sampah Organik yang siap pakai.
c. Area Kandang ternak ; Sapi / Domba ( Untuk memudahkan kebutuhan kotoran ternak sebagai bahan pencampur Pupuk)
d. Area bak penampungan air
e. Area jaga dan Dapur Umum
f. Mesin Pencacah Organik
g. Mesin Pencacah Plastik
h. Dll.

Dengan skema seperti ini maka ada beberapa keuntungan , seperti ; Ada Lapangan Kerja Baru ( minimal 6-10 Orang/ Lokasi ) atau terjadi pengalih pungsian pekerja kebersihan pasar khususnya, Tidak terjadi proses pendistribusian sampah dari Pasar ke TPA, Mampu mendapat keuntungan lebih dari hasil pengolahan Pupuk Organik.




PROPIL TUNGKU PASAR
UKURAN :220 X 220 X 550 cm
KAPASITAS :4 m 3 / 1 X BAKAR / 15 Menit
ALOKASI :PASAR
TEKNIK :BATA MERAH 2 LAPISAN
DENGAN TIANG DAN SABUK BETON
HARGA PRODUK :Rp. 9.000.000,-


RELOKASI TUNGKU PEMBAKARAN SAMPAH PASAR

Untuk mengatasi sampah pasar, sebaiknya dibuat lokasi khusus guna penempatan Tungku Pembakaran Sampah ini . Dan sebaiknya berada tak jauh di dekat pasar. Itupun dengan satu catatan bahwa pasar tersebut tidak berada di lokasi padat penduduk.
Dengan jangkauan yang dekat maka system pengangkutan sampah dari pasar, cukup hanya menggunakan kereta dorong/gerobak sampah.
Lahan yang dibutuhkan sekitar 80 – 100 m2. Semuanya ini akan ditempati oleh :
1.Kamar jaga malam
2.Tungku Pembakaran dengan kapasitas 4 m3 (sekitar 220 cm x 220 cm x 400 cm).
3.Ruang/pelataran untuk pemilahan sampah.
4.Bak air.
5.Mesin penghancur sampah Organik dan Prnghancur Plastik
6.Ideal-nya tersedia beberapa ekor hewan ternak seperti sapi atau domba di dekat lokasi, untuk memudahkan akses proses pembuatan pupuk Organik (Kotoran ternak sebagai pencampur abu sisa pembakaran dan sampah organik).


PROSES ALUR KERJA
Secara singkat akan kami jelaskan bagaimana porses alur penanganan sampah dengan Tungku Pembakar Sampah yang kami buat, mulai dari pemungutan sampah hingga proses akhir menjadi pupuk organik :

a).Pengambilan sampah dari pasar, rumah dan industri.
Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh petugas pengangkut sampah yang biasa beroperasi dipasar atau komplek perumahan.
b).Pemilahan sampah organik dan non-organik.
Di proses pemilahan ini akan memakan waktu cukup lama, sehingga dimungkinkan diperlukan tenaga kerja lebih banyak.
c).Sampah Non- organik dipilah terlebih dulu,beberapa bahan dasar Non –Organik ini dimanfaatkan untuk bahan dasar produk (plastik) atau bisa dijadikan media untuk keterampilan berbasis daur ulang.
d).Sampah Organik dicacah /dihancurkan terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan abu sisa pembakaran sampah Non-Organik kemudian ditambah dengan kotoran ternak (Sapi,Domba,Ayam,dll)
e).Setelah menjadi pupuk Organik maka akan kembali ke masyarakat untuk dimanfaatkan sebagai penunjang peningkatan penghasilan produksi pertanian.
Sampah yang tak terolah sama sekali akan di bakar di tungku pembakar sampah hingga habis dalam waktu singkat dengan hanya menyisakan abu.
Kecuali Logam dan Gelas, maka segala jenis sampah non-organik lain bisa habis terbakar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar